PERANCANGAN APLIKASI MULTI CRITERIA DECISION MAKING DALAM PENERIMAAN BEASISWA KEPADA DOSEN STUDI LANJUT STMIK BALIKPAPAN MENGGUNAKAN METODE SAW

  • Muslimin B, Sumardi
Keywords: Beasiswa, Metode SAW, Multi Criteria Decision Making

Abstract

Peminat dan jumlah pendaftaran mahasiswa baru STMIK Balikpapan setiap tahun semakin bertambah. Keseimbangan rasio dosen dengan mahasiswa merupakan salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan mutu dan proses belajar mengajar suatu perguruan tinggi. Menghindari kekurangan jumlah dosen pengampu matakuliah dapat diwujudkan dengan memberikan program beasiswa kepada alumni dan asisten dosen. Penelitian ini bertujuan membangun suatu aplikasi multi criteria decision making yang dapat membantu Kepala HRD dalam proses penerimaan beasiswa kepada dosen studi lanjut secara efektif dan lebih akurat.
Aplikasi multi criteria decision making yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan metode SAW. Implementasi metode SAW meliputi proses evaluasi bobot kriteria, evaluasi bobot alternatif, proses matrik, hasil preferensi pengambilan keputusan, sehingga menghasilkan bobot dan ranking setiap alternatif calon penerima beasiswa.
Hasil evaluasi aplikasi multi criteria decision making dalam penelitian diharapkan dapat menghasilkan pemodelan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hasil analisa yang dilakukan dapat memberikan rekomendasi alternatif calon penerima beasiswa kepada dosen studi lanjut di lingkungan STMIK Balikpapan.makalah.

Published
2019-01-11